Komputer Lite

All About Computer..yang disuguhkan oleh seorang newbie yang mungkin tidak begitu penting namun mudah-mudahan bisa menambah wawasan

Today


Time
Shout this Blog
Visitors
Tracker
Search with Google
Google
 Ajari Saya bagaimana menjadi Hacker yang baik
23 Agustus 2007

Menjadi hacker mungkin adalah salah satu cita-cita orang belajar komputer dan internet. Tetapi apa sebenarnya hacking, dan apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang hacker yang baik. Tulisan berikut akan memberikan petunjuk langkah per langkah bagaimana anda belajar. Petunjuk ini cocok juga untuk pemakai internet awal untuk bagaimana mencari informasi di Internet, mencari serial number, membaca artikel security serta tata cara bertanya yang baik disuatu forum diskusi.

Setelah membaca artikel ini walaupun anda membatalkan cita-cita anda, menimal anda telah mengerti pekerjaan berat apa yang harus dilakukan oleh seorang yang ingin menjadi hacker.

=================================

The Newbies Guide to the Internet

Originally written on: 7/1/01 revised: 13/1/01

by Clayman

=================================

Untuk siapa saja tulisan ini?

Tulisan ini ditujukan untuk siapa saja yang tertarik dengan hacking, atau ingin tahu apa yang dimaksud dengan hacking, dan juga bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menambah wawasannya tentang komputer dan internet.Petunjuk ini ditujukan untuk tingkat pemula.

Tolong Beritahukan kepada saya bagaimana menjadi seorang hacker

Oh... tidak. Saya rasa anda terlalu banyak nonton film, atau salah pengertian tentang internet, dan berpikiran bahwa melakukan hacking adalah sangat menarik dan saya rasa hal tersebut adalah wajar saja. Kemudian, anda akan bertanya "Ajari saya bagaimana melakukan hack" atau "Bagaimana saya dapat melakukan hack terhadap situs ini". Anda adalah seorang yang panas-panas tahi ayam dan pasti akan diabaikan, dan semua orang akan memanggil anda sebagai lamer dll.

Jadi, moral dari cerita tersebut adalah : Sebelum anda bertanya "bagaimana saya dapat menjadi seorang hacker" adalah anda harus mengetahui pekerjaan berat apa yang harus anda lakukan, apa yang dimaksud dengan hacking, dll. Jadi petunjuk ini adalah langkah-langkah yang akan mengajari anda begaimana untuk belajar akan hal tersebut.

Baiklah, tetapi saya tidak mengerti.. apakah itu lamer dan newbie ?


Secara definisi tidak ada. Oleh karena itu adalah dua kata yang berbeda untuk mereka. Anda bingung tentang siapa itu newbie, lamer atau apa artinya "elite", "warez d00d", "script-kiddie" dan "wanna-be"? Mungkin anda tentu saja tidak mengerti apa yang anda baca . Tulisan ini akan menjelaskan hal ini apa ini dan apa itu:
* The Jargon File: http://www.tuxedo.org/~esr/jargon/jargon.html
* Hacker Stages: http://www.elfqrin.com/docs/HackerStages.html

Mengapa mereka mengabaikan saya?

Pelajaran 1: Sebelum melakukan posting ke forum tertentu, baca dahulu aturan dan faq forum dari tersebut. Mengapa anda harus? Baiklah, sebagaimana anda ketahui, FAQ adalah singkatan dari frequently asked questions (pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan), dan mereka telah bosan akan hal tersebut, kemudian mereka meletakan jawaban di FAQ. Percaya atau tidak, pertanyaan seperti "ajari saya memasuki account hotmail pacar saya" adalah pertanyaan yang paling sering di tanyakan. Maka, jika anda tidak membaca faq, bukan saja anda yang kelihatan seperti idiot, tetapi anda juga menghabiskan waktu orang lain .. maka:

Aturan 1: Baca aturan pada forum. baca FAQ pada forum. Baca dua kali.

Aturan 2: Setelah benar-benar membaca aturan 1, jangan lihat yang lain dekat caps lock.

Ini juga petunjuk yang baik tentang "bagaimana melakukan posting supaya tidak diabaikan" ditulis oleh Raven, baca di www.securitywriters.org

Jadi, bagaimana kira-kira saya mendapatkan jawaban tersebut


Uhmm.. setiap orang tahu tentang yahoo.com, dan hampir setiap orang tahu tentang altavista.com. Jadi internet merupakan suatu jaringan yang sangat BESAR, maka orang menganggap usaha mencari menjadi sesuatu yang penting, sehingga mereka membuat suatu yang disebut dengan SEARCH ENGINES. Jadi, haruskah anda mencari jawaban pertanyaan anda sendiri ? Ya anda harus melakukannya. Adalah sangat mungkin pertanyaan yang sama pernah ditanyakan orang lain, dan telah pula dijawab oleh yang lain, jadi gunakanlah search engine untuk pertanyaan seperti "Belajar C++". Masuk ke google.com, ketik pada kotak pencarian "Belajar C++". Sebelum belajar bagaimana melakukan pemrograman, anda mesti tahu untuk apa bahasa pemrograman tersebut, jadi carilah "What is C++". Perhatikan point-point yang ada? Sehingga Anda tidak menyebabkan orang lain melakukan hal yang sama berulang-ulang, melainkan mencari jawaban untuk diri sendiri. Ini merupakan praktek yang baik, jadi anda tidak perlu mencari orang yang dapat menjawab pertanyaan anda, karena sudah pernah ada di Internet, dan anda tinggal mencarinya.


Aturan 3: Gunakan search engine (google.com)
Aturan 4: Gunakan directori (dmoz.org, yahoo.com)



Tetapi situs tersebut tidak memenuhi keinginan saya?

Hmm.. Jika anda mencari search engine yang baik tentang security

* http://astalavista.box.sk

atau security portal yang baik

* http://neworder.box.sk
* http://securityfocus.com
* http://packetstorm.securify.com

Saya tidak suka membaca. Apakah ada saran lain?


Tidak ada. Anda harus banyak membaca. Hal ini adalah keharusan, karena: membaca = ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan = pengertian dan kebijaksanaan. Anda perlu pengertian dan kebijaksanaan untuk menjadi seorang hacker. Sederhananya, jika anda tidak suka membaca, hentikan membaca ini sekarang juga.

Jadi, apa yang anda rekomendasikan saya untuk dibaca?

Saya merekomendasikan anda membaca segala sesuatu yang anda temukan.

* http://neworder.box.sk
* http://blacksun.box.sk
* http://www.securitywriters.org
* http://www.phrack.com
* http://www.elfqrin.com/hack
* http://www.attrition.org --- tulisan ini sangat "panjang*

Siapa itu seorang hacker ? Apa itu hacking?
* Baca essay "Being Hacker" dan "Open Letter to a wannabe hacker" oleh Elf Qrin dari hacking lab essays
* Baca "The Hacker How-to" oleh Eric S. Raymond dari tuxedo.

Bagaimana belajar programming?

Anda dapat membaca pada
* http://code.box.sk


untuk mendapatkan ide yang jelas tentang setiap bahasa. Jangan lupa untuk memeriksa tutorial dari "situs lain". Perlu diketahui bahwa, cara mendownload source-code dan melakukan kompilasi copy/paste TIDAK mengajari anda apa-apa... Jika anda rasa susah mencari source code cari di:


* http://www.sourceforge.net

Saya menanyakan serial number dan tidak ada yang menjawab..


Hal ini tidak ada kaitannya dengan security. Ini adalah alasannya, dan anda tidak membaca aturan forum. Memakai software bajakan adalah ilegal, tetapi jika anda ingin memakainya, jangan tanyakan hal tersebut pada forum 'umum' jadi cari www.astalavista.com.

(HendraSoewarno@Indoprog.com)



posted by bochan @ 8/23/2007  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: bochan
Home: TaZieK_TowN, Jawa Barat, Indonesia
About Me: Seorang Anak Manusia yang ingin lebih tau tentang komputer
See my complete profile

Add to Technorati Favorites
Previous Post
Archives
Links

Blog-Links

Banners


BLOGGER
ShoutMix
pingoat_12.gif
Kolom blog tutorial
Indonesian Photoshop Tutorials
http://edittag.blogspot.com
99 Computer
Belajar komputer
baby-blog
Kolom Pencerahan
Download Free Software Utilities For Windows
teiranho
music-chord-guitar
Moch Rezana Ilham Personal Blog
http://wildanpribadi.blogspot.com